Sabtu, 18 Agustus 2012

Eksotisme Kawasan Kawah Darajat

Wisata alam Cipanas Garut yang berada di kaki Gunung Gede tak bisa dipungkiri sebagai kawasan wisata yang paling digemari dan menyedot banyak pengunjung. Terlebih di momen-momen khusus seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru, atau liburan anak sekolah menjadikan Cipanas tak ubahnya pasar atau mall yang dibanjiri warga yang berlibur. Meski demikian, Cipanas bukan satu-satunya wisata menarik di Garut karena masih banyak tempat lainnya, salah satunya Kawah Darajat.

Apa sesungguhnya yang menjadi daya tarik Kawah Darajat? Tiada lain kawasan ini memiliki kawah yang menghasilkan uap panas serta bentangan pemandangan alamnya yang terdiri dari deretan pegunungan serta perkebunan yang membuatnya menjadi spesial untuk dijadikan salah satu alternatif berwisata ke Kota Dodol. Banyak pengunjung yang datang ke Kawah Darajat melakukan aktifitas seperti trekking, menikmati pemandangan, pemotretan, maupun melakukan penelitian mengenai kawah.

Kawah Darat memiliki ketinggian rata-rata 1.920 meter diatas permukaan air laut (dpl) dengan konfigurasi umum lahannya yang berbukit dan berlembah serta memiliki tingkat kecuraman yang sedang dengan stabilitas tanah yang cukup baik. Jika musim kemarau terjadi akan berimplikasi pada produksi uap yang juga berkurang. Meski demikian, kadar produksi uap yang berkurang tak mampu menjadi penghalang pengunjung untuk rekreasi kesini.

Kawah darajat merupakan barisan gunung Papandayan yang mempunyai jenis gunung aktif dengan jumlah kawah 2 buah, namun banyak terdapat sumur uap yang berjumlah sekitar 24 buah, yang biasa digunakan oleh pihak Amoseas sebagai tenaga Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Kualitas lingkungan dikawasan ini dapat dibilang cukup baik, tingkat kebersihan yang sangat terjaga dan bentang alam yang baik.

Lokasi

Kawasan Kawah Darajat berada di Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut – Jawa Barat.

Selamat Berkunjung!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar