Minggu, 19 Agustus 2012

Berlebaran dan Etika Bertamu Yang Baik

 

Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, tibalah bagi umat Islam untuk merayakan kemenangannya. Berlebaran. Berhari raya I’edul Fitri.
Dan salah kebiasaan unik yang hanya bisa ditemui di Indonesia adalah Halal Bihalal. Meminta kehalalan dan kemaafan dari masing-masing.
Yang pada prakteknya dilaksanakan setelah Sholat Iedul Fitri dan beberapa hari sesudahnya. Saling bertamu, kunjung-mengunjungi, bersilaturahmi.
Nah agar kunjungan dan pertamuan anda menyenangkan bagi kedua belah pihak , seyogyanya jika anda mengikuti beberapa etika bertamu, diantaranya :
Pahami waktu bertamu
Meski pada saat Lebaran, setiap waktu adalah “ sah “ untuk bertamu, namun akan lebih baik jika anda memahami kapan boleh-tidaknya kita bertamu. Pahami kapan tuan rumah ada di rumah.
Membuat janji
Jika tuan rumah yang anda tuju, termasuk orang yang sangat sibuk dan jarang dirumah, ada baiknya jika membuat janji terlebih dulu. Hal ini dapat menghindari kekecewaan karena tidak bertemu atau agar tuan rumah tidak merasa terganggu.
Ucapkan salam
Sebelum masuk rumah orang , ketuk pintu atau pencet bel. Juga disertai ucapan salam. Ulangi salam sebanyak 3 kali. Kalau sampai 3 kali tidak ada jawaban, sebaiknya anda menngurungkan niat dan meninggalkan rumah tersebut.
Sampaikan tujuan bertamu.
Dalam menyampaikan tujuan hendaknya singkat, jelas. Jangan sampai muncul salah paham atau salah pengertian dengan tuan rumah.
Tentu saja dengan kalimat yang sopan dan menyenangkan.
Tahu diri
Tamu hendaknya tahu diri, seberapa lama waktu yang layak untuk bertamu. Harus paham pula isyarat yang diberikan tuan rumah. Misal, tuan rumah yang berulang kali melihat kea rah jam dinding, itu berarti pertanda waktu pulang bagi si tamu.
Ucapkan terima kasih
Tamu perlu mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah atas penerimaannya yang baik dan menyenangkan. Bukankah tuan rumah telah rela menyisihkan waktunya ?
Berpamitan
Pada saat akan pulang, jangan lupa berpamitan kepada tuan rumah. Yang perlu dilakukan berjabatan tangan sambil menebar senyum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar