Jumat, 10 Agustus 2012

PAPAGON HIRUP URANG SUNDA YANG BERSUMBER DARI KEARIFAN BUDAYA CIANJUR

 

PURWA WACANA

Berkisah tentang wilayah Cianjur, akan membawa kita kembali ke masa-masa awal, ketika kearifan para leluhur Tatar Cianjur sangat mewarnai pandangan hidup dan memberi arah perjalanan peradaban masyarakat Tatar Sunda pada umumnya. Keadaan ini terjadi terutama ketika dayeuh Cianjur ditentukan sebagai Ibu Kota Karesidenan Priangan (tahun 1816 s/d 1864 M)*). Untuk menentukan suatu tempat menjadi ibu kota Karesidenan, tentu setelah diadakan penelitian yang cermat mengenai potensi yang dikandung wilayah tsb. Pontensi itu mungkin saja di berbagai bidang, yang pada masa belum lama berselang disebut kajian berdasarkan ipoleksosbudhankam - religi serta pada masa otonomi daerah seperti sekarang mengacu kepada Visi dan Misi Prov. Jawa Barat tahun 2010 dengan 6 core kebijakan.

Dalam wacana yang terhidang kali ini, penulis mencoba berkelana dalam ruang lingkup “karya sastra” serta PAPAGON hirup Urang Sunda yang bersumber dari khazanah kebudayaan Urang Cianjur.

PAPAGON HIRUP

Kakek penulis yang berasal dari daerah Mande-Cianjur, pernah berujar bahwa Papagon Hirup terah teureuh Cianjur, yaitu harus bisa dan mampu memperlihatkan kualitas hidup dalam tataran:

  • Maos (membaca)
  • Ngaos (mengaji Al-Qur’an)
  • Mamaos (menembang, bersenandung tembang Sunda/Cianjuran)
  • Maenpo (silat)
  • Ngibing (menari tradisional)

Itulah papagon yang disampaikannya. Selanjutnya penulis menafakuri dan memaknainya, mengapa papagon itu seperti “itu” adanya dan dari mana beliau mengambil sumbernya:

1. MAOS : bisa dijabarkan dalam tiga post_category MACA (membaca untuk mengetahui, memaknai, mengarifi dan mengaktualisasikannya dalam perilaku keseharian), dalam wacana Sunda ada tiga kemampuan MACA, yaitu:

  • Maca Uga dina Waruga = mampu memahami kualitas diri sendiri, kontemplasi, instropeksi diri.
  • Maca Uga Waruga Jagat = mampu memahami keadaan lingkungan hidup makro. Menafakuri aya-ayat Kauniah.
  • Maca Uga dina Aksara = mampu memahami ilmu pengetahuan yang tertulis dalam aksara/bahasa.

2. NGAOS : dalam idiomatika Sunda NGAOS selalu diartikan dengan membaca Al-Qur’an. Setelah mampu “Ngaos” maka akan tumbuh “Ngartos” dan insya-Alloh akan berujung pada “Rumaos”.

3. MAMAOS : diartikan sebagai berkemampuan untuk bersenandung dalam wanda tembang Sunda/Cianjuran. Bila kita kaji dengan cermat, ternyata Tembang Sunda/Cianjuran mengandung falsafah hidup yang sangat tinggi baik dalam irama, ornamen lagunya maupun lirik susastranya. Tembang Sunda Cianjuran telah menjadi karya seni klasik bernilai falsafah teramat tinggi. Simaklah kandungan maknawi dari lirik lagu PAPATET di bawah ini (penjelasan maknawi disampaikan secara lisan pada waktu guneman, yang pada esensinya, adalah kesadaran ilahiah dari setiap insan dalam meniti Rawayan Jati - shirath).

PAPATET
Daweung Menak Pajajaran.
Gunung Galunggung ka pungkur, Gunung Sumedang katunjang,
talaga Sakawayahna, rengkecik di tengah leuweung,
ulah pundung ku disungkun, ulah sungkan ku (teu) diteang,
tarima raga wayahna, ngancik di nagara deungeun.

Gunung Gede siga nu nande, nandean ka badan abdi,
Gunung Pangrango ngadago, ngadagoan abdi wangsul,
wangsul ti pangumbaraan kebo mulih pakandangan,
nya muncang labuh ka puhu, anteurkeun ka nagarana

(NN)

4. MAEN PO : disebut pula kemampuan untuk bersilat, pencak silat, ameng. Po berasal dari bahasa Cina poo ***) = balas, membalas, saling balas; sebab dalam bersilat akan “saling balas” yaitu menyerang dan mempertahankan “tangtungan”. Kemampuan bersilat menjadi tanda kemampuan diri dalam menghadapi bahaya serta melatih kesabaran, kesadaran dan keberanian.

5. NGIBING : atau ngigel. Kemampuan untuk memperlihatkan keselarasan etika, melatih keindahan bahasa tubuh (kinestetika) dengan harmoni kehidupan. Dikenal idiomatik Sunda yaitu NGIGELAN JEUNG NGIGELKEUN JAMAN, yang digunakan sebagai Visi dan Misi Komunitas SundaNet.Com, yaitu mampu menyelaraskan diri dengan kehidupan global-mondial tanpa kehilangan jati diri. Tidak hanya menjadi obyek tetapi juga bisa berperan menjadi subyek dalam percaturan kehidupan manusia lokal, nasional maupun internasional.

Penulis merasa tergelitik hati, untuk menyisipkan satu Papagon lagi, disesuaikan dengan kehendak zaman, yang teralami masa sekarang dan yang akan datang. Satu hal yang sangat menunjang keberhasilan hidup, yaitu… SEUEUR ARTOS, dalam arti berkemampuan untuk mencukupi hajat hidupnya secara halal bersih dan tidak serakah. Bila hal ini dijadikan papagon akan memacu peningkatan kualitas SDM yang unggul, beretos kerja tinggi, berkualitas kompetetitif yang bermoral. Bukankah akan sangat bermanfaat bila hidup berkecukupan sehingga mampu mewujudkan kesejahteraan bersama. Dengan demikian PAPAGON HIRUP urang Sunda mungkin bisa disusun dalam kualitas unggul di tataran:
- Maos
- Ngaos
- Mamaos
- Seueur artos
- Maenpo
- Ngibing

Rumpaka yang menggambarkan kesadaran lingkungan hidup dan karakter masyarakat Cianjur **)

Pupuh Asmarandana
(Sumber pandangan hidup masyarakat Cianjur yang sangat termasyhur)

  • Barang jleg jadi bopati, henteu aya antarana, pangkatna dipati bae, teu nganggo tumenggung heula, kocapkeun mangsa harita, dayeuh Cianjur kaceluk, di Pasundan pangpunjulna.
  • Seueur harta rowa harti, loba katon seueur ketan, rowa menak yasa ngaos, babakuna ngaos Qur’an, malah loba nu apal, tarekat pikih jeung usul, diocek sapapanjangna.
  • Sajaba usul jeung pikih, pada ngaos elmu palak, estuning beger perlente, kana kasukaan dunya, taya anu kaliwat, kana wayang kana pantun, jeung kana gosok biola.
  • Bisao nya kitu deui, pamaenan Cina tea, anu disebut maen Po, menak-menak pada suka, baris ngajaga bahya, mun aya bancang pakewuh, dilawan ku langkah macan.
  • Nyandak guru ti Batawi, milih Cina nu geus kongas, jeung nyandak guru ti Bogor, Aki Kahir katelahna, diadukeun jeung Cina, Cina ditonjok ngudupung, kasosok buka kelekna.
  • Jadi meunang Aki Kahir, harita diganjar kontan, Aki Kahir bungah hate, jaba panganggo lungsuran, kajabana ti eta, Dalem resep kana pantun, malah nyaur ti nu anggang.
  • Aya anu kongas leuwih, ngaranna Aki Rasita, perlente seueur lalakon, jeung ngeunah ngarajahna, aya di Sudalarang, harita geuwat disaur, dipapag uang jeung kuda.
  • Reujeung resep kana ngibing, ronggeng nyaur ti nu anggang, ari anu leuwih jojoh, rai Dalem panengahna, Raden Arya Wasita, datang ka teu aya nganggur, tembang jeung ibing-ibingan.
  • Karesepna lagu miring, mana ayeuna pencarna, menak Cianjur mamaos, lagu-lagu jeung ngarangna, kitu sasakalana, harita dayeuh Cianjur, gegekna kabina-bina.
  • Anu tani sugih mukti, anu dagang beurat beunghar, kana gawe teu campoleh, ngawula teu ngarasula, garumusti jeung bebela, ngadeuheus jadi perelu, saregep marindeng seba.
  • Ngirim iwung buah tangkil, buah manggu jeung rambutan, pisitan kokosan menteng, parahulu jeung hanggasa, kaweni manggu jeung manggah, nangka jeung limus ngabrugbrug, lauk cai lauk darat.

Begitulah suasana dan karakter masyarakat Cianjur, bisa diklasifikasikan sebagai masyarakat yang:
- Religius-islami
- Menyukai keindahan
- Menghargai keberanian
- Beretos kerja tinggi
- Memanfaatkan lahan, tata ruang dengan hasil optimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar